RSS

Mengajar itu Sesuatu Banget…

14 Dec
Mengajar itu Sesuatu Banget…

Darah guru sepertinya mengalir dalam keluarga kami. Bagaimana tidak? Bapakku mengabdikan sepanjang hidupnya sebagai guru (Madrasah Ibtidaiyah). Kakakku ditakdirkan menjadi guru (SD), adik-adikku juga bernasib sama sebagai guru atau setidaknya bekerja di lembaga pendidikan. Kedua orang tua mertuaku juga berprofesi sebagai guru (MI), dan istriku juga seorang guru. Menjadi anak guru adalah kabanggaan, dan menjadi guru adalah kebahagiaan.

Mengajar itu indah sekali. Mengajar itu sangat menyenangkan. Mengajar itu membangkitkan energi. Mengajar itu memberikan kepuasan batin, yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Setidaknya itulah yang aku rasakan selama ini. Ya, sejak lulus dari Pondok (1994), aku putuskan hijrah ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan yang labih baik. Selain melanjutkan pendidikan, aku mengajar di Sekolah Madrasah Diniyah Awaliyah (lokasi Berlan Jaktim). Setiap hari senin-jumat, dari Jam 7 – 10, aku mengajar di Madrasah itu. Aku berjalan kaki dari tempat tinggalku yang jaraknya kurang lebih 3 km. Bahagia rasanya aku dapat membagikan ilmu dan pengalaman kepada murid-muridku, yang rata-rata kelas 5-6 SD.

Selain mengajar pagi, setelah dzuhur seminggu 3 kali aku juga sempatkan mengajar ibu-ibu di Mushola dilingkungan dimana saya tinggal. Bukan belajar yang berat-berat atau rumit-rumit. Mereka belajar membaca Al quran (Iqro’) dan bagaimana cara-cara sholat. Rasanya sesuatu banget mengajar ibu-ibu, bahkan ada nenek-nenek (sekitar 25 orang) belajar Iqro’. Perlu kesabaran, dan ketelatenan. Ibarat pepatah, belajar diwaktu kecil ibarat melukis diatas batu, dan belajar diwaktu dewasa ibarat melukis diatas air. Senang rasanya melihat mereka terbata-bata membaca Iqro’, dan sedikit demi sedikit menghafal bacaan sholat.

Aku jalani rutinitas mengajar di Madrasah dan musholla itu selama kurang lebih 4 tahun. Jangan pernah melihat bayarannya, tapi aku mensukuri karena berkahnya. Aku meyakini, berkat doa-doa mereka yang tulus, akhirnya aku dapat menyelesaikan pendidikan sarjanaku.

Kegiatan mengajar terus aku lakukan. Sejak tahun 2006 sampai 2012, aku diminta membantu mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah Jakarta. Sudah pasti matakuliah hukum yang menjadi tugasku, karena aku salah satu lulusan Fakultas Hukum di Universitas yang sama. Kegiatan mengajar ini berhenti, setelah aku pindah bekerja di Pemerintah Kabupaten Batang pada tahun 2013-2015. Dan ketika aku harus kembali ke Jakarta, ternyata Tuhan masih menghendaki agar aku tetap bisa mengajar. Saat ini, selain di Komisi Kejaksaan aku juga mengajar di Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta. Senang rasanya aku bisa bergabung dengan kampus yang selalu menggelorakan semangat nasionalisme ini.

Mengajar itu tidak hanya mentranformasikan pengetahuan, tetapi lebih dari itu mengajar adalah menanamkan nilai-nilai, prinsip hidup, dan kejuangan. Jadi berbanggalah menjadi guru, karena mengajar itu sesuatu banget…

 
Leave a comment

Posted by on December 14, 2016 in Perjalanan

 

Leave a Reply

 
