RSS

Akhir Pekan yang Selalu Kunanti

17 May

Akhir pekan alias Sabtu Minggu menjadi hari-hari yang sangat istimewa bagiku. Sudah hampir setahun ini aku memiliki rutinitas baru di setiap akhir pekan yaitu pulkam alias pulang kampung menemui istri dan anak-anakku di Batang, Jawa Tengah. Sejak mereka aku tinggal belajar ke US, istriku dan anak-anakku memilih tinggal di Batang, sekalian menemani mertuaku. Setelah aku kembali, mereka tetap tinggal disana, dan aku tetap bekerja di Jakarta.

Setiap hari setidaknya aku berkomunikasi dengan istri dan anak-anakku minimal tiga kali melalui telepon. Hanya sekedar menanyakan keadaannya, mengetahui aktivitas mereka, dan mendengar celoteh kedua anakku yang selalu menanyakan berapa hari lagi pulang, dan tidak lupa dengan pesanan yang bermacam-macam untuk dibawa pulang. Namun itu rasanya tidak cukup. Akhir pekan selalu menjadi pengharapanku agar aku berkesempatan melapas rindu, dan bercanda dengan keluargaku. Sungguh senang rasanya jika hari Jumat tiba, karena esoknya hari perjumpaanku dengan istri dan anak-anakku tercinta.

Setiap Jumat sore, bis selalu setia menungguku untuk membawaku ke Pekalongan. Terminal Rawamangun menjadi pilihanku, karena lokasinya yang tidak jauh dari kantorku. Dan pada Minggu sore, bis itu akan akan membawaku kembali ke Jakarta. Butuh 7-8 jam untuk sampai dirumah, tergantung kepadatan di perjalanan. Untuk sebagian orang mungkin itu sangat melelahkan, dan sebelumnya aku juga tidak membayangkan akan melakukan itu setiap akhir pekan. Namun setelah ku jalani, segalanya jadi ringan, mudah, dan Batang rasanya sangat dekat dengan Jakarta. Perjumpaanku dengan keluargaku mengalahkan segala kesulitan, dan menghilangkan lelah akibat perjalanan.

Setelah menjalani rutinitas itu beberapa bulan, aku baru tahu ternyata aku tidak sendirian. Aku bertemu dengan banyak orang yang juga memiliki kebiasan yang sama denganku, bahkan mereka sudah menjalaninya lebih lama dariku, ada yang 5 tahun, 10 tahun, bahkan 20 tahun. Umumnya mareka berasal dari daerah Pekalongan, Batang dan sekitarnya. Karena seringnya bertemua diakhir pekan, kamipun menjadi sangat akrab, dan bahkan layaknya keluarga. Tidak jarang mereka membuat acara keluarga, hanya sekedar jalan-jalan, atau menjenguk salah seorang dari mereka. Jalur pantura telah mengikat mereka dalam ikatan kekeluargaan.

Bagiku akhir pekan adalah refreshing, yang memberiku energi dan semangat baru untuk beraktivitas. Tidak banyak yang aku lakukan diakhir pekan bersama keluargaku. Aku hanya menemani mereka bermain dan belajar, ataupun bermain komputer. Jalan-jalan pagi bersama mereka menjadi pekerjaan yang amat menyenangkan bagiku. Melihat anak-anakku berlari-larian, berteriak-teriak, dan terkadang menangis atau sekedar berebut minta digendong. Sungguh menyenangkan. Selain kebersamaan yang aku rasakan, kami juga dapat menghirup udara segar desa, menikmati persawahan hijau nan indah, bertegur sapa dengan bapak-bapak  yang mau ke sawah atau ibu-ibu yang mau bekerja, dan sesekali mencari makan pagi buat sarapan. Sesekali aku juga meladeni anak-anaku pergi ke pasar untuk sekedar jalan-jalan, membeli kebutuhan keluarga, atau membeli mainan untuk anakku.

Meskipun hanya dua hari bersama mereka, tapi itu sangat berarti bagiku. Aku bisa memberikan perhatian kepada mereka, mengetahui keadaan dan perkembangan mereka. Aku memang tidak bisa hadir setiap saat untuk mereka, tapi hati dan pikiranku selalu bersama mereka. Doa selalu kusenandungkan untuk segala kebaikan, dan kemudahan bagi mereka. “Ya Allah, hanya kepadaMu kupasrahkan segala urusan, dan mudahkanlah urusan kami, amin”.***

 
1 Comment

Posted by on May 17, 2012 in Keluarga

 

One response to “Akhir Pekan yang Selalu Kunanti

  1. umul farida

    May 18, 2012 at 7:29 am

    We love u so much dedy..

     

Leave a Reply

 
